Bagaimana sich cara mudah menjadi kreatif?

Hmmm mungkin pertanyaan ini ada dalam benak saya dan teman-teman akhir-akhir ini. Menjadi Kreatif sebenernya tidaklah susah ,guys. Kuncinya adalah MEMBIASAKAN. Kalau boleh meminjam pepatah orang, bahwa Ala bisa karena biasa. Jadikan kreatif menjadi bagian dari kehidupan mu sehari-hari. Tapi saya disini akan memaparkan 2 kondisi dimana bisa melatih kreatifitas kita. So, selamat mencoba kawand 😀

  1. BOSEN.

Ya bosen. Bosen maksudnya kita selalu bosen / tidak selalu suka dengan kondisi kita sekarang. Kalau bahasa “anak kantoran” itu keluar dari “zona nyaman”. Kita sering sekali terlalu suka atau terpaku dengan kondisi kita sekarang dan tidak mau keluar dari kenyamanan kita karena sudah enak. Tapi sebenernya untuk menjadi kreatif, kita harus keluar dan mencari sesuatu hal yang baru. Sebagai contoh sederhanya, kamu setiap malam selalu makan malam dengan nasi goreng, kenapa kamu ga beralih sesekali ke mie goring atau sate?itu sudah termasuk kreatif dengan keluar dari cara yang biasa.

Misal dalam dunia perkuliahaan, kamu biasanya duduk di belakang ketika di kelas, kenapa kamu ga sesekali duduk di depan atau bahkan di kursi dosen ketika di kelas?itu sudah termasuk kreatif ketika kamu berpikir berbeda (ga terpaku dengan keadaan yang seperti biasa) dan melakukannya. Mulailah dengan hal-hal yang kecil yang ada di sekelilingmu. Ketika kamu terbiasa dengan berfikir beda; akan hal-hal kecil, ketika menghadapi hal yang besar kamu sudah tidak kesussahan lagi untuk berfikir kreatif.

2. KEPEPET.

Maksudnya adalah kondisi kepept yang membuat kamu kreatif. Nah ini dilakukan kalau yang pertama tadi tidak efektif juga. Ketika kamu mengalami kondisis kepepet, kamu biasanya mengambil cara atau solusi yang berbeda untuk menanggulangi masalah sebelumnya. Contoh, IP semester kamu kemaren menurun, nah karena kondisi kepepet ini karena kamu takut di-DO atau IPK kamu turun, mau tak mau kamu harus mengambil solusi alternative untuk menaikkan IP kamu di semester ini. Ketika kamu berfikir seperti itu, kamu termasuk berfikir kreatif kawand!

Misal yang ekstrem, orang tuamu mendadak di-PHK dan tidak bisa lagi membayar uang kuliahmu, mau tak mau untuk melanjutkan kuliahmu dengan cara apapun. Ya kamu bisa ambil jalan lain dengan mencari uang dengan berkerja part time, berbisnis, usaha kecil-kecilan, dan lain-lain. Kamu sudah melakukan hal yang kreatif! Ga usah memikirkan hal-hal yang besar dulu, lakukan hal-hal yang sederhana yang ada di sekitar kita.

Akan tetapi saya tidak menganjurkan kepada teman-teman untuk menunggu dulu kondisi yang sudah parah baru kreatif, tapi selalu usahakan kreatif di saat kondisi sedang tidak ada masalah dan kamu sedang keadaan nyaman-nyamannya dengan kehidupan kamu.

Saya sangat senang apabila kamu komentar di bawah ini 🙂

oleh : Erifson Jenando

Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan Bandung

@erifson / http://www.berfikirliar.wordpress.com

Iklan

Komentar Dinonaktifkan pada Bagaimana sich cara mudah menjadi kreatif?

Filed under motivasi

Komentar ditutup.