Hidup itu bukan bagaikan RODA, tapi bagaikan SPIRAL.

Orang bijak bilang hidup itu bagaikan RODA. Ya emang itu ada benarnya, karena hidup itu terkadang ada di atas, terkadang ada di bawah. Hidup itu terkadang senang, terkadang sedih. Hidup itu terkadang untung, terkadang rugi. Memang ga salah pepatah ini, tapi saya ingin menambahkan papatah ini, bahwa  hidup itu seperti SPIRAL.Spiral itu bentuknya seperti suatu titik, dimana titik itu semakin lama akan semakin berkembang membentuk lingkaran yang semakin lama semakin membesar.  Spiral itu maksudnya adalah “berkembang”. Disini saya akan memberi gambar spiral supaya anda mengetahui ilustrasinya.

Hidup dimulai dari kita bayi, lalu balita, anak-anak, remaja, dewasa, tua, dan akhirnya meninggal. Akan tetapi hidup yang dikatakan seperti RODA hanya meng-indikasikan bahwa kondisi kehidupan hanya di dalam lingkaran, tetapi tidak pernah berkembang lingkaran tersebut. Akan tetapi apabila dilihat dari bentuk SPIRAL , maka kita akan liat memang hidup itu seperti lingkaran , tetapi semakin “berkembang”.

Berkembang disini maksudnya dalam konteks pola piker, karakter, sifat, dan mental. Sehingga ketika kita ada di bawah, kita tetap bisa lebih menghadapinya dengan senyuman, karena kita sudah berkembang dan mengerti daripada kita di bawah beberapa waktu lalu misalnya. Begitu juga dengan sebaliknya ketika berada di atas. 😀

Dengan penerapan ilustrasi ini, hidup itu bukan hanya dilihat seperti lingkaran setan , dimana kita tidak bisa keluar dari situ dan menderita selalu, akan tetapi lingkaran yang selalu berkembang kearah yang lebih baik dari kemarin , walaupun di saat situasi di atas atau bawah. Sampai lingkaran itu berhenti berkembang, ketika kita bertemu dengan Sang Maha Empunya.

Pertanyaannya sekarang, seberapa besar kah SPIRAL mu atau perkembangan hidup kamu ketika bertemu dengan Dia kelak? 😀

Terima Kasih

Saya sangat senang apabila kamu komentar di bawah ini :)

oleh : Erifson Jenando

Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan Bandung

@erifson / http://www.berfikirliar.wordpress.com

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under tips and trick

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s