Sisi Positif Bisnis Multi Level Marketing

Teman saya kemarin menjumpai saya dalam suatu janji. Memang saya sudah lama sekali tidak berjumpa dengan beliau. Dahulu dia adalah orang yang biasa-biasa saja, pemalu, dan seorang yang  pendiam. Kami berbicara ringan dalam 5 menit pertama, sampai akhirnya dia menjuruskan pembicaraan pada sebuah presentasi sebuah bisnis . Bisnis ini memang tak asing bagi saya karena saya juga sering mendapatkan info bisnis sejenis ini. Jenis bisnis ini adalah Multi Level Marketing (MLM)

Jujur, saya tak terlalu tertarik pada pandangan pertama. Tapi dengan kegigihan dan kerja keras teman saya dalam membujuk saya untuk ikut bergabung pada bisnis itu, akhirnya saya bergabung juga. Walaupun dengan sedikit kasihan dan rasa tak enak hati apabila saya menolak ajakan teman saya ini.

Begitulah bisnis yang sering diplesetkan oleh orang yaitu Masuk Langsung Mati (MLM), Bisnis ini memang sangat unik dan membutuhkan sesuatu tak biasa. Dalam menjalankan bisnis ini, kita harus pandai mengajak orang, berjualan produk, atau dengan kata lain kita harus melakukan sesuatu yang jarang kita lakukan. Banyak juga orang menghindar dari bisnis ini karena takut dikejar-kejar oleh para mentor-nya, atau bahkan mendengar cerita-cerita kegagalan dari teman/sanak saudara, sehingga takut mencoba, padahal mereka belum tahu informasi yang sebenarnya.

Tapi tahukah anda, kalo sebenarnya para mentor, atau biasa disebut upline, adalah orang yang peduli dan ingin sekali sukses bersama anda? Akan tetapi banyak dari kita berpikir kalau para upline/ mentor mengejar-ngejar kita supaya kita dimanfaatkan dan mereka tinggal menikmati hasil kerja keras kita di atas. Sebenarnya itu bukanlah pernyataan yang 100% benar, karena idealnya untuk mencapai suatu kesuksesan, kita haruslah berkerja sama dengan orang lain, dan saling membutuhkan. Mau dalam bidang kerja/ bisnis apapun, kita tetap membutuhkan orang lain, misalkan bos, partner, costumer, dan lain-lain.

Lalu yang kedua, orang sering sekali beranggapan untuk bisa menjalankan bisnis MLM, kita harus pintar berbicara dan merayu. Memang benar, tapi saya yakin orang-orang MLM dulunya juga sama seperti kita yang tidak pandai berbicara. Poin disini adalah mereka bisa menjadi pembicara yang hebat, karena ada proses. Proses dalm pembelajaran dan pengembangan diri selagi menjalankan bisnis ini. Bisnis MLM memang tak mudah, akan tetapi seperti kata pepatah, ala bisa karena biasa, mereka membiasakan diri, maka mereka bisa menjadi hebat. Kita tidak bisa, karena kita tidak membiasakan diri. Jadi intinya adalah bukan bisnis MLM yang jelek, tapi kembali kepada pribadi masing-masing apakah mau belajar untuk berkembang atau tidak.

Contoh konkritnya adalah teman saya tadi. Ketika dulu, dia adalah orang yang tidak pandai ngomong, tapi sekarang dia adalah pembicara yang lumayan sekaligus pendengar yang baik. Banyak hal posotif lagi yang bisa kita lihat dalam melihat bisnis seperti ini. Ketiga, dalam segi modal usaha, bisnis ini menawarkan kesempatan dalam modal hanya ratusan ribu saja, bandingkan dengan bisnis konvenional yang membutuhkan modal 5 jt rupiah ke atas.

Bisnis seperti ini tidak memerlukan latar belakang pendidikan. Mulai dari lulusan SD sampai lulusan gelar Doktor pun bisa, karena skill yang diajarkan memang umum sekali. Dan lagi ada training yang dapat menunjang keterampilan kita. Bandingkan jika kita ingin masuk ke dalam dunia bisnis investasi pasar modal yang memerlukan keahlian dan modal yang cukup besar. Jika modal dan skill tak terlalu penting, maka resiko dalam menjalankan bisnis seperti ini otomatis pun kecil.

Saya disini bukan mengajak anda supaya mencintai atau suka pada bisnis MLM, tapi saya adalah orang yang open mind, yang selalu berusaha untuk tidak ikut-ikutan menutupi pikiran saya terhadap sesuatu hal, walupun hal tersebut sangat dihindari oleh kebanyakan orang. Setiap perkerjaan memiliki sisi positif dan sisi negative. Setiap manusia pun memiliki kapasitas dan kemampuan yang berbeda-beda. Dan sekarang pertanyaannya apakah kita sudah memaksimalkan kemampuan kita? Apakah kita cuma mau menjadi pengikut orang banyak saja yang menghindari bisnis MLM, tanpa pernah terjun ke dunia tsb? Siapa tahu anda justru bisa mengubah hidup anda menjadi lebih baik dengan bisnis seperti itu. Siapa yang tahu? 😀

Semua jawaban ada di tangan anda. Semua keputusan ada di tangan anda juga. So, lakukanlah hal yang menurut anda baik dan anda merasa enjoy. Sukses untuk kita semua 😀

Terima Kasih

Saya sangat senang apabila kamu komentar di bawah ini :)

oleh : Erifson Jenando

Fakultas Ekonomi Universitas Parahyangan Bandung

@erifson / http://www.berfikirliar.wordpress.com

 

 

Iklan

Tinggalkan komentar

Filed under tips and trick

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s